Optimaliasi Peran Pemerintah Desa Upaya Memperkuat Maritim Indonesia

  


                                                   Sumber Foto : https://geotimes.id/

Oleh : Balwin Hakiki

Siswa Kelas XI TKJ SMK Al-Miftah Pamekasan


Indonesia adalah Negara yang mempunyai wilayah yang luas, yang pantas untuk menyandang gelar poros maritim di dunia, maritim adalah sesuatu yang berhubungan dengan laut dan di jadikan julukan bagi Negara yang wilayah lautnya lebih luas dari wilayah daratannya, menurut letak geografis luas daratannya mencapai 1.904.569km2, beserta luas lautannya sekitar 6.159.032km2, sehingga luas wilayah Indonesia mencapai sekitar 7,9 juta km2.

Sebagai negara maritim Indonesia harus mempertahankan identitasnya, sejak dulu  Indonesia di juluki Negara maritim sampai saat ini. sejarah masuknya maritim di Indonesia sekitar 2000 sebelum masehimelalui imigrannya bangsa astronesia, yang mana kedatangan mereka termasuk pada jaman neolitikum yang memiliki dua sub budaya dan dua jalur penyebaran,

Pada era Kerajaan Majapahit maritim di Indonesia mencapai prestasi gemilang, kerajaaan majapahit di sebut masa yang gemilang karena memiliki armada laut dengan berbagai fungsi dan bentuk kapal, seperti kapal dagang, kapal perang, maupun kapal perang yang hanya di gunakan oleh kerajaan untuk kepentingan keagamaan.Pada saat itulah semangat bahari di Indonesia menjadi yg maha dahsyat.

Harapan itu muncul kembali pada 2014 dalam KTT asia timur di Nay Pyi Taw, Myanmar,presiden RI Joko Widodo ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia pada pidato kenegaraan pertamanya,presidenJoko Widodomempublikasikan semua visi kemaritimannya. pembangunan poros maritim tersebut meliputi lima pilar yaitu ingin membangun budaya maritim, diplomasi maritim, pengelolaan sumber daya laut, infrastruktur dan konektifitas maritim, dan pertahanan maritim.

Desa adalah kesatuan masyarakat hukum dengan penyelenggaraan rumah tangga berdasarkan hak asal usul dan adat istiadat , sedangkan di Indonesia desa adalah pembagian wilayah administratif di bawah kabupaten kecil dalam pemerintah provinsi atau kota yang di pimpin oleh kepala desa.Data sensus desa tahun 2011 indonesia memiliki 78.609 pulau, sedangkan desa yang berbatasan dengan laut ada sebanyak 11.884 desa. pada tahun 2014 bertambah menjadi 12.827 desa pesisir. Sumber pencaharian desa maritim setiap hari adalah menjadi nelayan, pengelola wisata, usaha garam, petambak, pembudidaya ikan, dan petani lahan pantai.

Maritim bermanfaat bagi perekonomian masyarakat sekitar pesisir pantai, baik dari segi penciptaan kerja lapangan lokal, membantu pendapatan, perbaikan standar hidup masyarakat yang bergantung pada sektor kelautan, sebagai sarana transportasi dan pertahanan keamanan.

            Salah satu upaya untuk memperkuat ketahanan maritim Indonesia dengan mengoptimalkan peran pemerintah desa. Optimaliasai peran pemerintah desa tersebut dapat terlaksana diantaranya dengan melaksanakan program strategis desa

 Pertama, menjaga keasrian lingkungan laut, kampanye kepada seluruh warga untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, tidak membuang sampah ke laut dan menjaga kelestarian terumbu karang. Keasrian lingkungan di wilayah pesisir menjadi titik tekan kepada masyarakat, karena tercemarnya lingkungan pesisir itu akan merusak lingkungan pantai, penurunan sumber daya perikanan, kerusakan terumbu karang dan kerusakan padang lamun.

            Kedua, edukasi nelayan, di sini perintah harus mengadakan sebuah program dan memberikan gambaran yang benar terkait penangkapan ikan dan pengelolaan ekosistem laut, karena ikan membutuhkan lingkungan yang sehat mulai dari air hingga terumbu karangnya dan ekosistem di laut di nilai rentan mengalami kerusakan akibat penanganan ikan yang kurang baik.ada beberapa cara penangkapan ikan yang salah di antaranya menggunakan alat peledak, pukat, dogol, cantrang, lampara dasar, penangkapan ikan yang dapat mengakibatkan kehancuran habitat, mengancam kepunahan biota laut dan membahayakan keselamatan pengguna.       

Ketiga, pemberdayaan nelayan, dengan memberikan pertolongan berupa alat tangkapdan dan boat kepada nelayan. strategi dalam pemberdayaan nelayan terbagi menjadi dua, pertama pemberdayaan terhadap nelayan secara individual melalui bimbingan, tujuan utamanya adalah melatih nelayan menjadi individu yang mandiri. Kedua, pemberdayaan terhadap kelompok nelayan, pemberdayaan di lakukan dengan menggunakan kelompok sebagai media intervensi dan pelatihan.

Pemberdayaan masyarakat memiliki bebarapa tahapan yaitu penyadaran, meningkatkan kapasitas dan pendayaan, tahap ini harus dilakukan untuk memberikan pemberdayaan terhadap masyarakat nelayan di pesisir pantai.tujuan proses penyadaran ialah memberi motifasi bahwa mereka mempunyai kemampuan dan kapasitas yang luar biasa apabila mereka mau menggali kemampuan dirinya sendiri,sedangkan proses pengkapasitasan memberikan program untuk membuat memiliki skill dalam mengelola manajemen diri dan sumber daya yang di miliki,serta tujuan dari pendayaan adalah memberikan daya, kekuatan , otoritas atau peluang.

Keempat, pengelolaan hasil laut,hasil contoh hasil dari laut seperti petis, udang, cakalang tongkol, sarden, terasi udang dan cumi sotong gurita. potensi kekayaan hasil laut dapat mempermudah ekonomi masyarakat di pesisir pantai, dan kekayaan tersebut harus dimanfaatkan di kelola dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Pemerintah desa harus memanfaatkan kekayaan laut secara maksimal dengan mengelola makanan hasil laut mengembangkan teknik teknologi penangkapan ikan, mengambil kekayaannya, memanfaatkan sumber daya hayati, mengoptimalkan jalur laut, mengembangkan budidaya hasil laut, mengembangkan hasil industri. Sedang kan ciri-ciri dari hasil laut, produksinya bersifat musiman dalam ukuran kecil-kecil dan hasil perikanan cenderung mudah rusak dan busuk. Peran masyarakat untuk mendukung konservasi pemerintah desa untuk menjaga maritim desa yakni memberi sebuah edukasi dan sosialisasi, mendukung upaya pelestarian lingkungan, membuat papan larangan, hindari membuang sampah pada pesisir pantai dan menggunakan alat yang di larang.

Kegiatan-kegiatan yang di sebut di atas tidak akan terlaksana tanpa adanya partisipasi dari pemerintah desa dan Kesadaran masyarakat di sekitar pesisir pantai juga di butuhkan baik dalam menjaga lingkungan dan pemberdayaan nelayan. dengan cara mengalokasikan dana desa untuk mengsukseskan program kegiatan di atas, dengan adanya program kegiatan di atas baik menjaga keasrian, edukasi nelayan, pemberdayaan nelayan dan pengolahan makanan hasil laut pasti dapat memberikan kekuatan yang besar terhadap pertahanan maritim indonesia.

 Maritim bermanfaat juga perekonomian penduduk di pesisir pantai, dalam segi membantu standart kehidupan masyarakat, sebagai sarana transportasi dan pertahanan keamanan dan dapat membantu pertumbuhan ekonomi indonesia secara berlanjut. Serta peran masyarakat pesisir pantai harus memperkuat ekonomi maritim dengan melestarikan pesisir pantai agar terlihat indah darn tidak kotor dari apapun. penduduk desa bisa juga memanfaatkan jasa laut untuk memnuhi ekonominya setiap hari selaian nelayan seperti pertambangan minyak lepas pantai, pelayaran sektor usaha di pelabuhan, perindustrian garam dan sektor pariwisata. . Serta tujuan lain dari pemberdayaan untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kemampuan atau keterampilan beserta dengan program pemerintah.


DAFTAR PUSTAKA

Admin , K. (2022, juni 15). Kesbangpol.Kulonprogokab.go.id. Diambil kembali dari Kesbangpol.Kulonprogokab.go.id: https://kesbangpol.kulonprogokab.go.id/detil/534/kita-bangsa-maritim

Admin Jdih Kemenko bidang maritim. (2021, Agustus 11). jdih.maritim.go.id. Diambil kembali dari jdih.maritim.go.id: https://jdih.maritim.go.id/id-tempat-dan-cara-penangkapan-ikan-yang-dilarang

Admin Tanjung Sari . (2021, September 20). Tanjungsari.GunungKidulkab.go.id. Diambil kembali dari Tanjungsari.GunungKidulkab.go.id: https://tanjungsari.gunungkidulkab.go.id/berita/sosialisasi-desa-maritim-di-kalurahan-kemadang#:~:text=Masyarakat%20yang%20tinggal%20di%20wilayah,ikan%2C%20dan%20petani%20lahan%20pantai.

Admin Wikipedia. (2023, Maret 6). Id.Wikipedia.Org. Diambil kembali dari Id.Wikipedia.Org: https://id.wikipedia.org/wiki/Kementerian_Koordinator_Bidang_Kemaritiman_dan_Investasi_Republik_Indonesia#:~:text=Kementerian%20Kelautan%20dan%20Perikanan%3B,Badan%20Koordinasi%20Penanaman%20Modal%3B%20dan

Admin, K. (2022, august 19). Kemenko Marves. Diambil kembali dari Kemenko Marves: https://maritim.go.id/detail/kemenko-marves-bersama-universitas-hasanuddin-makassar-bahas-visi-maritim-2045

Admin, S. U. (2022, agustus 23). Sampoerna University.ac.id. Diambil kembali dari Sampoerna University.ac.id: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/ekonomi-maritim-adalah-prinsip-penting-untuk-indonesia-mengapa/#:~:text=Berikut%20ini%20adalah%20beberapa%20manfaat,Kelestarian%20lingkungan%20lebih%20terpelihara.

Badan Pusat Statistik. (2015). Kajian Sosial Dan Ekonomi Desa Maritim. Jakarta-Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Doni. (2022, september 24). Kominfo.co.id. Diambil kembali dari Kominfo.co.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/37136/jadi-poros-maritim-dunia-presiden-perlu-kerja-nyata/0/berita

Maksum Rangkuti. (2023, june 30). feb.unsu.ac.id. Diambil kembali dari feb.unsu.ac.id: https://feb.umsu.ac.id/apa-itu-ekonomi-maritim-tujuan-dan-contoh/#:~:text=Ekonomi%20maritim%20mengembangkan%20sektor%20ekonomi,yang%20bergantung%20pada%20sektor%20kelautan.

Maroli. (2022, Mei 4). Kominfo.go.id. Diambil kembali dari Kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/9614/bumikan-visi-indonesia-poros-maritim-dunia-kemenko-kemaritiman-gelar-rakornas/0/artikel_gpr

Silmi , N. U. (2022, 11 4). Kompas.com. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2022/11/04/103000269/letak-dan-luas-indonesia?page=all&lgn_method=google

Silvia, E. (2022, Desember 15). Liputan6.com. Diambil kembali dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/hot/read/5154828/mengapa-indonesia-disebut-negara-maritim-ketahui-syarat-dan-karakteristiknya?page=5

Vanya Karunia Mulia Putri. (2021, Mei 31). Kompas.com. (Serafica Gischa, Penyunting) Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/31/134507569/5-kebijakan-pemerintah-dalam-pembangunan-berbasis-kelautan

Widya, L. (2022, agustus 26). Kompas.com. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/stori/read/2022/08/26/110000979/mengapa-majapahit-dianggap-sebagai-puncak-kejayaan-maritim-nusantara?page=all

 

 

 

Post a Comment

0 Comments