Seminar Ilmiah Literasi Digital, Awali Milad 197 Pondok Panyeppen


Pamekasan- Panitia Pelaksana Milad ke 197 Pondok Pesantren Miftahul Ulum (PPMU) Panyeppen melaksanakan Seminar Ilmiah Pra Milad 197 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Miftah Pamekasan dengan tema “Transformasi Pesantren dalam menyambut perkembangan peradaban baru yang islami” pada sabtu pagi (24/02/24).

Pantia Milad datangkan Ust.Qomaruddin Salah Satu dosen IAIMU Pamekasan sebagai pemateri Seminar Ilmiah Pra Milad Ppmu Panyeppen.

Dalam materinya ia menyampaikan “Faktanya santri ini ada sebelum indonesia Merdeka dan sebelum penjajahan kolonial” Ungkapnya.

Ustad Asal Konyeleh itu menambahkan“Santri memiliki tiga point yang penting, Islam, Iman dan Ihsan” Imbuhnya.

“sekarang yang menjadi tugas bagi santri adalah tantangan dalam digitalisasi, saya akan berikan contoh negara jepang, jepang itu sudah lama literasinya” tegasnya.

“Literasi itu begini, contoh simpelnya, literasi itu bisa baca bisa Nulis, literasi itu punya pemahaman dan jika bergabung dengan digitalisasi dia mempunyai kecakapan” Tambahnya.

“Kecakapan itu Ada tiga, yang pertama itu Digitisasi, Kedua Digitalisasi dan yang ketiga Transformasi Digital” jelasnya.

Ia Berharap “Santri Itu harus Bisa semua hal dan tidak hanya memainkan sesuatu yang tidak berguna seperti Tiktok dan lain sebagainya” Harapnya.


Post a Comment

0 Comments