MPLS SMA Al-Miftah Sumber Kebun Berlangsung Sukses

Sampang_ Pasca Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Miftah PP. Sumber Kebun seperti biasa mengadakan, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ini mengangkat tema “Generasi Hebat, Indonesia Kuat”, serangkaian formal kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung utama SMA Al-Miftah, berada di lingkungan kompleks Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumber Kebun Pangereman Ketapang Sampang. 

Menariknya pada pelaksanaan MPLS tahun ini berbeda dengan biasanya sebab formatnya merujuk schedule yang di rancang oleh panitia pelaksana yaitu dilaksanakan selama seminggu atau sepekan mulai tanggal 11 sampai 20 Juni 2022 yang biasanya selalu di awali apel pagi, kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang dimulainya proses belajar mengajar tahun pelajaran 2022/2023.  

Baca Juga : IKBAS MPW Jabodetabek Gelar Silaturahmi

Sementara itu, dalam rangka mengisi serangkaian kegiatan MPLS panitia sengaja mengundang pemateri-pemateri dari luar sekolah untuk memberikan bekal bagi para peserta MPLS, seperti Zainal Abidin dari PAC IPNU Ketapang yang memaparkan materi tentang tantangan dan harapan sekolah menjawab era 5.0 dan Moh. Nurullah dari PAC IPNU Batumarmar yang memaparkan materi Aswaja An-Nahdliyah untuk memantapkan pemahaman ke NU-an siswa yang memang semua berlatang belakang pesantren berafiliasi NU. Serta juga ada perwakilan dari koramil 0828 Ketapang yang menyampaikan tentang Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Para peserta MPLS sangat antusias mengikuti setiap acara atau kegiatan yang sudah dicanangkan secara matang oleh para panitia. 

 Uniknya di SMA Al-Miftah pelaksanaan MPLS di pisah antara kegiatan siswa dan siswi, baik dari segi tempat, jadwal kegiatan dan lainnya. Hal itu menjadi ciri khas tersendiri yang patut diapresiasi. Kemudian untuk pelaksanaan MPLS di Putri sendiri kegiatannya konsepnya serupa dengan putra kegiatan juga berupa penyajian materi yang meliputi tentang Kepemimpinan yang disampaikan oleh Maulidah dari PAC IPPNU Ketapang, materi Santri Dan Masa Depan Indonesia oleh Khusnol Hotimah dari  PAC IPPNU Sokobanah, terakhir materi Generasi Khadijah di era 5.0 pemantiknya yakni Mauhibbatus Syakiri dari Kopri PC PMII Sampang. Adapun kegiatan terakhir di tutup dengan OutBound sekaligus diikuti penobatan peserta dan kelompok MPLS terbaik.

Syukur Alhamdulillah Pelaksanaan MPLS Tahun ini berjalan lancar dan sukses, dalam kegiatan MPLS ini saya berharap panitia agar menjauhi hal yang bersifat tindakan fisik secara langsung kepada peserta ” ungkap AR. Subahri selaku kepala sekolah SMA. Al-Miftah. Di sisi lain dalam sebuah wawancara, AR. Subahri juga melaporkan bahwa kegiatan MPLS sifatnya wajib bagi seluruh siswa atau siswi baru, yang mana tahun ini diikuti oleh sebanyak 60 siswa dan siswi, harapan saya peserta MPLS serius dan disiplin dalam mengikuti serangkaian acara yang telah teragendakan sehingga calon siswa dan siswi nantinya akan mempunyai mental dan karakter yang tangguh, serta bekal pengetahuan yang mempuni untuk mengarungi tahapan pendidikan selanjutnya. Pungkas  beliau penuh harap.

Post a Comment

0 Comments