Saiful Bari : Alumni Panyepen Yang Sukses Jadi Pengusaha dan Keliling Dunia



Saiful Bari, berasal dari Sampang tepatnya di desa Sokobanah Tengah kecamatan Sokobanah Sampang Madura Jawa Timur, ia merupakan putra keempat dari 5 bersaudara dari pasangan H. Saifullah dan Hj. Maimunah

Sekolah Dasar Negeri Sokobanah Tengah Pendidikan formalnya untuk Pendidikan nonformalnya ditempuh di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Tantoh Sokobanah Tengah, setamat dari sekolah dasar tahun 2004 ia melanjutkan pendidikannya di PP. Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan Tepatnya di desa Potoan Laok Palengaan Pamekasan Madura, di pesantren ini ia aktif mengikuti beberapa kegiatan yang dianjurkan oleh pengurus pondok seperti kursus Bahasa inggris & Kursus Komputer dan terbukti beberapa kursus yang dia ikuti ini sangat bermanfaat untuk karir yang ia jalankan sekarang ini.

Syaiful Bari sebagai santri biasa yang hanya menjalankan aktivitas keseharian di pondok tanpa ada tujuan untuk masa depannya, sedangkan orang tua bersusah payah mencari rezeki di negeri jiran untuk biaya pendidikannya, setelah memahami betapa susahnya orang tua banting tulang mencari rezeki di negeri orang, berawal dari kesadaran itu, dan ingin membalas jasa pengorbanan orang tua juga keinginannya untuk membanggakan orang tua maka ia mulai bersungguh-sungguh dan bersemangat menjalankan aktivitas belajarnya sampai lulus.

Setelah lulus dari Madrasah Aliyah Ponpes Panyeppen ia mulai ditugaskan mengajar & berbakti kepada masyarakat selama 2 tahun, tahun pertama ditugaskan di Desa Buddagan Pamekasan Madura dan tahun kedua di tugaskan di Desa Sawa Tengah Robatal Sampang Madura.

Setelah selesai menjalankan tanggung jawab berbakti kepada masyarakat selama 2 tahun dia merantau ke Malaysia pada tahun 2012 untuk memulai karirnya disana, berawal dari cita-cita yang ingin menjadi pengusaha sukses ia mulai bekerja untuk mencari pengalaman, berbagai pekerjaan ia sudah rasakan mulai kerja kuli bangunan, satpam, pabrik pembuatan pupuk ,restoran makan dan sebagai penjual produk atau sales.

Pada tahun 2016 ia mulai fokus meniti karirnya sebagai pengusaha distributor alat elektronik dan peralatan rumah di perusahaan Coway International perusahaan dari Korea Selatan yang buka cabang di Malaysia ia memulai karirnya diperusahaan ini sebagai sales.

Berbagai rintangan dan ujian ia lalui dengan sabar selama meniti karirnya. Seperti menahan lapar karena tidak cukup uang untuk membeli makanan , kadang motor mati di tengah jalan karena tidak ada uang mau beli bensin tapi dikarenakan cita-citanya yang begitu tinggi untuk jadi pengusaha yang sukses ia arungi semua ujian dengan sabar dan tidak pernah berputus asa.

 Akhirnya berkat kesabaran dan keuletan ia melakukan pekerjaan di perusahaan itu pada bulan April 2019 ia diangkat sebagai Manager.

Pada tahun 2018 impiannya keliling dunia juga tercapai pada tahun itu perusahaan menghantar dia ke negara United Arab Emirates sebuah negara di Timur Tengah yang begitu kaya yang lebih dikenali sebagai Dubai dan merasakan pengalaman menaiki Menara tertinggi dunia yang bernama Burj Khalifa dan hotel 7 bintang yang bernama Burj Al-Arab

Pada tahun 2019 perusahaan juga menghantar dia ke Eropa seperti paris prancis,  dimana terletaknya klub sepak bola hebat dunia Paris Saint-Germain (PSG), juga perusahaan menghantar dia ke Negara Eropa yang lain seperti Belanda dan Belgia.
Saiful saat diwawancara online menyampaikan beberapa harapan dan pesan “Santri juga harus ambil bagian di bidang bisnes dan usaha, dan juga semangat pantang menyerah dalam berusaha seperti di zaman nabi Muhammad ada sosok pengusaha hebat sahabat nabi yang bernama Abdurrahman Bin ‘Auf dari usahanya itu dia dapat membantu orang yang susah, memartabatkan ekonomi ummat islam dan membantu perjuangan islam”

Dan dia juga menitipkan doa untuk para santri semoga usahanya diberkati Allah, untuk waktu sekarang ini ia fokus pada karirnya dan bercita-cita membawa satu keluarga menunaikan umrah & melalui karirnya ini juga impiannya untuk memartabatkan ekonomi ummat islam, membantu
Yayasan Pendidikan yang memerlukan dan juga membantu orang yang kesusahan.

Riwayat Pendidikan
1. SDN Sokobanah tengah
2. SMP Al-Miftah Panyeppen Palengaan Pamekasan
3. SMK Al-Miftah Panyeppen Palengaan Pamekasan

Prestasi dalam karirnya
1. Top 100 pengusaha dalam perusahaan 1 malaysia
2. Top 50 pengusaha dalam perusahaan 1 malaysia
3. Top 30 pengusaha dalam perusahaan 1 malaysia
4. Orang madura pertama sukses di perusahaan asing
5. Membantu  membimbing 100 orang lebih pengusaha di bawah bimbingannya





Post a Comment

8 Comments

  1. Semuga semakin jaya tretan satu perguruan dan semuaga semua satri panyepen bisa terkabul hajatnya dan perlu sampean ingat pesen kiai FIKIRAN BOLE KE CINA TAPI HATI TETAB KAKBAH

    ReplyDelete
  2. Semoga semakin sukses dan bermanfaat atas membawa nama baik pondok Pesantren kita. Amin

    ReplyDelete