MUSHOFFAN : Alumni Panyeppen Peneliti RISTEKDIKTI dan Bersertifikasi BNSP RI




Mushoffan lahir di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, tepatnya di Dusun Sumber Anyar yang merupakan Dusun  yang terdapat Manuskrip Kuno berumur 400 tahun. Ia merupakan putra ke 3 dari lima bersaudara yang lahir dari pasangan H. Mahfudz Abdul Mu’thi dan Mabruroh.

Shoffan mulai menempuh pendidikan dasar di tahun 1997 s/d tahun 2003 di MI Islamiyah I Sumber Anyar dan melanjutkan ke Mts Az-Zubair lulus tahun 2006, ditahun yang sama ia sambil lalu sekolah Madrasah diniyah (sore) dan juga belajar langsung kepada ayahnya sendiri. Usai ia selesaikan pendidikan di kampung halamannya, ia memilih melanjutkan ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Palengaan Pamekasan pada tahun 2006 dibawah asuhan RKH. Muhammad Muddatstsir Badruddin. Di Pondok Pesantren itu ia aktif di Markaz English Education Center selain itu ia juga menjadi tim redaktur Mading Noktah salah satu organisasi media milik HIMMAH (Himmpunan Murid Madrasah),  selain itu ia juga menjadi Pengurus OSIS SMA Al-Miftah. Di Panyepen ia suka pelajaran Eksak oleh karena itu ia sering di delegasikan mewakili SMA Al-Miftah untuk mengikuti selekasi olimpiade Sains (Fisika, Kimia dan Biologi) se-Kabupaten Pamekasan dan pernah menajadi Finalis olimpiade Sains bidang kimia ditahun 2007. Hal ini merupakan satu-satunya sekolah swasta yang masuk final se-Kabupaten Pamekasan oleh karena itu ia mendapat pembinaan khusus Kimia di SMAN 1 Pamekasan selama 1 tahun hingga tahun 2009 Ia lulus SMA. Setelah SMA ia juga mewakili Panyapen untuk studi lanjut Starata 1 (S1) di Universitas Trunojoyo Madura Jurusan Teknik Industri  dengan beasiswa full selama 4 tahun dengan living costnya dan 1 tahun di PP Al-Hikam Bangkalan. Selama di kampus ia aktif diberbagai organisasi mulai dari Enggineering English Community (EECOM), Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Himaprodi), BEM Fakultas dan PMII Rayon Fakultas Teknik UTM hingga lulus tahun 2013.


Bersama Rektor Chitkara University India dalam acara lokakarya dan MoU internasional


Selesai ia di Starata 1 (S1) dia memenuhi panggilan Pondok tercintanya (Penyepen) yang merupakan pesantren yang telah mendidiknya. Melakukan pengabdian dengan menjadi staf pengajar bantu di SMA Al-Miftah, Tutor Diploma 1 Program Vokasi Berkelanjutan Almiftah (merupakan program kerjasama SMK Al-Miftah Panyepen dengan PENS-ITS Surabaya) selama 1 tahun. Dan di akhir ditahun 2014 ia di jadikan guru bantu (guru tugas) selama 2 tahun ke Lembaga Pendidikan Islam NOUN Palengaan Pamekasan ia berhasil merintis SMP di sana. Selesai pengabdian tahun 2016 ia melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi Starata 2 (S2) di UTM jurusan Magister Ilmu Ekonomi sambil menjadi Guru di SMK Al-Jazirah Sampang (1tahun), SMP-SMA NOUN Palengaan (5tahun), Pengurus Yayasan Sosial Muara 99. Hingga menjadi Dosen di STIE Wali Songo Sampang dan STIE Bakti Bangsa Pamekasan dan lulus S2 tahun 2018 dan menjabat sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan STIE Bakti Bangsa Pamekasan. Selain itu ia juga aktif organisasi kepemudaan Padepokan Raden Umro Pamekasan sebagai kordinator Penelitan dan pengembangan Pemuda.

Menjadi Pembicara Pada Seminar Nasional di Universitas Maduara

Aktivitas selain menajadi dosen adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat karena pada tahun 2018 ia telah mendapat sertifikat Konsultan Pemberdayaan Masyarakat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan sertifikat itu beberapa kali ia menjadi tutor dan fasilitator dibidang pengembangan dan pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Pamekasan. Salah satunya pemberdayaan BUMDES di desa bengsereh Kec. Batumarmar, Pemberdayaan Desa Wisata di Pantai Jumiang Pamekasan, Pemberdayan Nelayan di Branta Pesisir dan menajadi konseptor pembantukan wisata edukasi garam di pangarengan Sampang. Sejak tahun 2019 sampai 2020 telah lolos melakukan penelitian yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENSITEKDIKTI) secara berturut-turut. Dan sekarang sedang menyusun penelitian yang akan diajukan pada jurnal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Hadir diberbagai acara seminar nasional dan internasional baik menjadi pemeteri ataupun peserta. Melakukan konsiladasi dengan dengan dinas dan instansi non dinas ataupun universitas lain untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pamekasan.


Riwayat Pendidikan  Formal
- MI Islamiyah I Sumber Anyar         
- MTs Az-Zubair
- SMA AL-Miftah Panyeppen
- S1 Teknik Industri UTM
- S2 Ilmu Ekonomi UTM’

Riwayat Pendidikan Non Formal
- Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah Sumber Anyar
- DIKLATSUS Kimia Kelompok olimpiade Sains Kabupaten Pamekasan
- Developmen Education Center Pamekasan
- PP. Miftahul Ulum Panyepen  Palengaan Pamekasan
- PP. Al-Hikam Burneh Bangkalan


Post a Comment

0 Comments