Gelar Penilaian Akhir Semester, Begini Penjelasan Waka Kurikulum SMK Al-Miftah

Pamekasan-Esemkabisa.com, Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan serangkaian kegiatan evaluasi untuk memperoleh, menganalisis dan mentafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.

Sistem yang pertama kali digunakan untuk ulangan semester ini dilakukan selama 6 hari (12-17 Desember 2021), dilaksanakan selama enam sesi dalam seharinya di tiga laboratorium(LAB) Komputer SMK Al Miftah Palengaan Pamekasan.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jika biasanya menggunakan aplikasi pemrograman XAMPP, pelaksanaan tahun ini menggunakan Google Form.

Pemanfaatan teknologi komputer sebagai salah satu media yang digunakan untuk penilaian akhir semester (PAS) ini terdapat banyak manfaatnya. Diungkapkan oleh Kholis Fariadi selaku Ketua Panitia Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun 2021, bahwa penilaian berbasis computer dilakukan agar siswa lebih siap menghadapi tantangan zaman ke depannya.

Baca Juga : Kelas Photography SMK Al-Miftah, Hadirkan Owner Rigna Group

Selain itu, menurut Kholiq Syafi’i selaku Wakakurikulum SMK AL Miftah , masalah mengenai pemborosan kertas yang selama ini dialami juga bisa diatasi dengan menerapkan sistem tersebut. “Tentunya, penginputan data nilai juga akan jauh lebih cepat” ungkapnya.

Melalui penilaian berbasis komputer, terangnya, peluang siswa untuk saling mencontek sangat tipis karena soal teracak oleh sistem. “Tentunya hal tersebut sangat baik bagi siswa” lanjutnya.

Baca Juga : Kelas Cinematography SMK Al-Miftah, Hadirkan Direktur Video Kanza Nabila

Penulis : Hasanuddin Nasrullah. 

Post a Comment

0 Comments