Nurul Huda : Anggota DPR, Muda, Cerdas Bertalenta

      
Mohammad Nurul Huda nama lengkapnya, lahir tanggal 04 November 1994 di Sampang tepatnya di desa terpencil Bira Timur Kecamatan Sokobanah Sampang Madura Jawa Timur. Lahir dari pasangan bahagia Bapak Suppa’e dan Nurfatma merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara.



Sekolah Dasar Negeri Bira Timur II merupakan pendidikan pertama yang ia geluti, setamat dari sekolah dasar ia melanjutkan pendidikannya di PP. Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan. Tepatnya di desa potoan laok palengaan pamekasan, sebuah pesantren yang berdiri sejak tahun 1827, yang didirikan oleh RKH. Nasruddin bin Itsbat, di pesantren ini ia mulai aktif dibeberapa organisasi ekstra maupun intra sekolah ia tercatat sebagai Pengurus Gerakan Pramuka Al-Miftah 305 dan juga pernah menjabat sebagai Ketua OSIS SMA Al-Miftah periode 2011/2013.


Berawal dari sebuah kebodohan dan semangat yang tinggi untuk meraih cita-cita, ia mulai bergelut dengan beberapa kegiatan di pondok yang diasuh oleh RKH. Moh. Mudatstsir Badruddin itu, mulai dari belajar, mengikuti kegiatan ekstra pondok seperti kursus tahsinul khot, kursus komputer dan aktif dengan kegiatan yang mendukung terhadap peningkatan skilnya. 


Sosok Nurul Huda di pondok Panyeppen tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter kuat, memiliki jiwa pemimpin yang bagus, terbukti ia sering di dapuk menjadi ketua kelas di madrasiyah dan kelas umumiyah, bahkan ia juga tercatat menjadi Wakil Presiden Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Pamekasan tahun 2016-2017.  Mempuyai kepribadian dan ledership yang baik Nama Nurul Huda waktu itu menjadi buah bibir di kalangan Pengurus Pondok Pesantren. Meskipun ia aktif di beberapa organisasi ekstra maupun intra ia tak lupa terhadap statusnya sebagai seorang santri yang tetap taat menjalankan kewajiban ubudiyah serta patuh terhadap tata tertib pesantren.

Setamat dari pendidikan diniyah pesantren ia ditugaskan selama dua tahun untuk megabdi di masyarakat pada tahun 2012-2013. Kesempatan pengabdian ini tidak ia siasiakan untuk menngamalkan ilmu yang ia dapat dari almamaternya, serta mencari pengalaman yang akan menjadi bekal untuk terjun ke masyarakat kelak. Selepas mengabdi pada masyarakat ia dipanggil untuk kembali ke pesantren dan diberi tugas yang cukup berat dengan menjadi bapak asuh di Ma'had Tibyan Li Al-Shibyan, lembaga pesantren yang khusus menangani anak kecil selama empat setengah tahun.

Pada tahun 2018 Nurul Huda atas permintaan orang tua dan keluarganya, ia mendaftar kan diri sebagai calon anggota DPRD Sampang dan berangkat dari Partai Demokrat. Saat diwawancarai secara terpisah oleh esemkabisa.com, pencalonan dirinya merupakan tokoh masyarakat dan orang tua karena pada dasarnya ia mempuyai keyakinan santri harus ambil bagian untuk melakukan sebuah perubahan. Perjuangan untuk melakukan sebuah perubahan saat ini yang paling bisa ia kerjakan dengan mencoba peruntungan mencalonkan diri sebagai anggota DRPD Sampang.

Pada Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan DPRD Sampang

Tangggal 12 Agutus 2019 melalui rapat pleno anggota KPU Sampang yang dilaksanakan di aula Hotel Camplong Sampang, Nurul Huda ditetapkan sebagai calon terpilh anggota DPRD Kabupaten Sampang Dapil V (Sokobanah, dan Karang Penang). Saat ini ia terus berujuang pada jalan legislasi atas amanah yang diberikan masyarakat pada dirinya. Ia minta untuk selalu didoakan agar diberikan kemudahan untuk tetap istiqomah mengadi dan bermanfaah kepada masyarakat.

Bersama Agus Harimurti Yudhoyono Pada Malam Komtlemlasi Kader Demokrat

Saat Terjun Ke Masyarakat Memberikan Bantuan Langsung Korban Bencana Alam

Nurul Huda menyampaikan pesan secara terpisah kepada esemkabisa.com bahwa khususnya kepada santri “Ikuti semua kegiatan ekstra yang ada Pondok pesantren, sebagai bekal untuk melanjutkan pengabdian dimasyarakat. "Berubah memang beresiko, tapi lebih beresiko kalo tidak mau berubah". Pungkasnya.


Riwayat Pendidikan
Formal
- SDN Bira Timur II Sampang tahun 2002-2007
- SMP Al-Maqbuliyah Angkatan pertama 2008 (2 bulan) 
- SMP Almiftah Terpadu PPMU Panyeppen 2008-2010
- SMA Al-Miftah Pamekasan 2011-2013
- STAI MU Pamekasan 2014-2017

Non Formal
- Madrasah Ibtidaiyeh Miftahul Ulum Padukoan Bira Timur, 2007. 
- PPMU Panyeppen 2008,
- MTs dan MA Panyeppen 2012.

Pengalaman organisasi
- Anggota OSIS SMP Almiftah Terpadu 2009.
- Pendidikan Pramuka Almiftah Gudep  305  2008 - 2012
- Anggota OSIS SMA Al-Miftah 2011
- Ketua OSIS SMA Al-Miftah 2012
- Saka Bhayangkara Polres Pamekasan 2009 - 2012
- Kemah Remaja Pendidikan Karakter 2012 Batu Malang
- Tugas Pengabdian Masyarakat 2012-2013
- Mengabdi di Ma'had Tibyan Li Al-Shibyan masuk 2014-2018 (4 setengan tahun)
- Wakil Presiden Mahasiswa STAI-MU Pamekasan 2016-2017
- Mengikuti perkemahan dibeberapa tingkatan
- pendidikan Rumah Mutifasi (RM) Pamekasan 2017-2018
- Pendidikan Hypno Terapy 2018
- Mengikut beberapa Kegiatan Seminar Nasional dan Internasional
- 2018 resmi menjadi Kader Partai Demokrat DPC Sampang
- Terdaftar di KPU Sampang sebagai Calon Anggota Anggota DPRD Kab. Sampang 2018
- Terpilih sebagai Anggota DPRD kab. Sampang 2019-2024

Jabatan hari ini
-Anggota DPRD Kab. Sampang 2019-2024

Post a Comment

0 Comments