Gufron Siradj : Alumni Panyeppen, Sekretaris GP Ansor Jatim Periode 2019-2023


Ahmad Ghufron Siradj, lahir 31 Juli 1983 di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Kedua orang tuanya, adalah RKH Siradj Ahmad dan Nyai Hj Saidah Dahlan. Ia empat saudara. Terlahir dari keluarga di lingkungan pesantren Ra Gopong sapaan akrabnya tumbuh menjadi pribadi dispilin, mandiri dan cerdas, hal ini menjadi tidak ayal berkat didikan dari abah dan tradisi keluarganya.

Gufron kecil mengenyam pendidikan awal di Taman Kanak – Kanak (TK) di dekat rumahnya. Ia kemudian melanjutkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD) dalam pesantren dibawah asuhan abahnya sendiri. Selepas pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Ra Gopong melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan. Tepatnya di desa Potoan Laok Palengaan Pamekasan, sebuah pesantren yang berdiri sejak tahun 1827, yang saat ini diasuh oleh RKH. Moh. Mudatstir Badruddin, di pesantren ini ia merupakan santri yang aktif mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), dan tercatat sebagai siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Miftah.

Sejak masuk dan menjadi santri di Pondok yang beralamat di Desa Potoan Laok ini, ia senang berorganisasi baik ekstra maupun intra ia geluti, seperti menjadi Ketua OSIS SMP Al-Miftah Panyeppen Pamekasan, dan masuk menjadi jajaran pengurus HIMMAH (Himpunan Murid Madrasah), merupakan organisasi terbesar di lingkungan kompleks pesantren tempat ia mondok. Selama mondok di Panyeppen ia banyak mendapatkan pengalaman berharga dalam kehdiupannya Pertama, kemandirian hidup dimulai dari pesantren (Makan dan Nyuci Baju Sendiri, semua dilakukan sendiri). Kedua, Pengalaman berorganisasi sangat terasa ketika sudah keluar dari pesantren. Ketiga, pendalaman Akhlak dan bacaan amalan tertentu masih tetap berjalan sampai hari ini.

Selesai pendidikan di Panyeppen Ra Gopong melanjutkan pendidikanya di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, hingga kemudian melanjutkan ke SMU NU sambil menjalani pendidikan Pondok Pesantren di Ponpes Bustanul Makmur di Kebunrejo, Genteng, Banyuwangi.

Selesai pendidikan formal di Pesantren di Ponpes Bustanul Makmur di Kebunrejo, Ra Gopong melanjutkan pendidikan strata satu (S1) di menjalani pendidikan kuliahnya di jurusan Perbandingan Agama fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga (saat ini UIN Sunan Kalijaga) Yogyakarta, pada tahun 2002. Berawal dari kuliah di Jogjakarta ini ia tumbuh menjadi seorang aktivis dan bergabung dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) hingga terpilih menjadi ketua Rayon Ushuludin pada tahun 2004.  Serta ditunjuk sebagai Sekjend Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Yogyakarta.

Tahun 2010, Ra Gopong lulus dari bangku akademik kuliah. kemudian ia kembali ke kampung halamannya di Madura dengan mengabdikan diri sebagai pengajar di Ponpes yang diasuh keluarganya sembari aktif di di GP Ansor.

Tahun 2014 ia ditunjuk sebagai staff ahli Dr. KH. Kholilurrahman, M.Si yang terpilih sebagai Anggota DPR RI, dan hijrah bersama keluarganya ke Jakarta. Ia juga aktif sebagai pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor dan menjalin komunikasi dengan berbagai entitas organisasi di Jakarta. Tahun 2016-2018, Ghufron Siradj ditunjuk sebagai Sekertaris Nasional Badan Ansor Anti narkoba (BAANAR). Saat ini ia tercatat sebagai Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor Pengurus Wilayah Jawa Timur Periode 2019-2023.

Post a Comment

0 Comments