Pameran Sampai di Jerman, Alumni Panyeppen yang Membanggakan



Saiful Bahri nama lengkapnya, lahir tanggal 3 Maret 1968 di Desa Blu’uran Kecamatan Karangpenang Sampang. Putera dari alm H. Sjafiuddin dan ibu Almh Siti Munayah. Selepas pendidikan SD (Sekolah Dasar) mondok Ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Palengaan Pamekasan tahun 1982. Anak pertama dari 12 bersaudara  ini selesai menempuh jenjang pendidikan formal di SMP Al-Miftah Panyeppen Palengaan Pamekasan tamat tahun 1985. Kemudian melanjutkan di SGO (Sekolah Guru Olahraga) Negeri Pamekasan tahun 1988. Serta menyelesaikan pendidikan S1 (Strata Satu) di Universitas Madura (UNIRA) tahun 1993.


Sejak masuk dan menjadi santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Palengaan Pamekasan, ia sudah mulai senang dunia jurnalistik, terbukti ia sering idzin ke luar kompleks pondok hanya sekedar menonton dunia dalam berita di stasiun milik pemerintah, dengan tujuan mengikuti perkembangan dunia luar dan mengetahui berita dari berbagai negara. Kecintaan pada dunia jurnalistik ini tumbuh dengan sendirinya, sehingga mengantarkanya bekerja di dunia jurnalistik saat ini.


Saiful Bahri menyampaikan beberapa pesan melalui chat via whatshap kepada redaksi esemkabisa.com. Bahwa menjadi pewarta foto harus selalu siap fisik dan mental karena, Pertama, Harus selalu di garis depan dalam setiap peristiwa, tepat waktu, harus mampu melalukan pendekatan kepada pihak terkait terutama saat akan masuk daerah konflik, daerah bencana. Kadang tengah malam harus berangkat tugas ketika ada peristiwa seperti laka laut, kebakaran, banjir dan bencana lainnya. Pewarta foto (visual) paling tinggi menanggung resiko dibanding reporter tulis. Serta Pewarta foto harus selalu siap berada  digaris terdepan dalam setiap peristiwa, seperti, banjir, gempa bumi, konflik dan sara.


Riwayat pendidikan
1. SDN Blu'uran 1, Robatal, Sampang 1982

2. SMP Al Miftah Panyepepen  Pamekasan 1985

3. SGON Pamekasan 1988

4. UNIRA 1993


Riwayat Pekerjaan

1. Staf Akademik IAIN Sunan Ampel, Pamekasan 1988-1993

2. Reporter Harian Duta Masyarakat 2.000
3. Pewarta Foto LKBN ANTARA 2000-Sekarang

Prestasi

1. Juara 2 lomba foto Migas untuk kesejahteraan Bangsa

2. Juara 1 lomba foto Hut LKBN Antara 1999

3.Juara harapan 1 lomba foto ttg menteri sosial 2013

4. Juara harapan lomba foto daerah tertinggal 2006

5. Juara harapan lomba foto tentang jalan tol 2010

6. The Best moment XL Axiata 2019


Pameran2

1. Pameran Foto di Turky tentang budaya Madura

2. Pameran foto 'Ibu' di Hamburg, Jerman

3. Sejumlah kota besar di tanah air



Post a Comment

0 Comments