Tugas Observasi MAPEL Bahasa Indonesia



Kamis, (13/02/2020) Siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK AL-Miftah tengah disibukan dengan tugas Bidang Studi Bahasa Indonesia yang diampu oleh Bapak Mohammad Sukri, S. Pd.I.

Siswa dibagi menjadi beberapa tim, tiap tim terdiri 4 sampai dengan 5 orang. Tugas dimulai dengan penjelasan tentang pengertian observasi dan tata cara menyusun laporan observasi, kemudian itu guru mapel memberikan intruksi kepada siswa untuk langsung terjun ke lapangan.

Setiap tim diberikan tugas observasi dengan topik yang berbeda, seperti kamar mandi santri, tempat parkir, dapur umum dan asrama santri. Disamping itu guru mapel juga meminta kepada siswa untuk menyertakan foto serta menyertakan narasi tentang temuan – temaun di lapangan.

Adanya tugas observasi ini menambah semangat siswa, seperti yang disampaikan oleh Masudi saat wawancara menyampaikan, tugas ini sangat baik untuk memberikan pengetahuan kepada siswa kegiatan pengamatan yang dilanjutkan dengan membuat laporan sehingga terbentuk kerjasama yang baik sesama siswa.

Hasil observasinya dilaporkan dalam bentuk Microsoft Power Point untuk selanjutnya dipresentasikan di depan kelas sesuai dengan timnya masing-masing.

Lebih lanjut, Bapak Mohammad Sukri, S. Pd.I saat wawacara menyampaikan. “Adanya tugas observasi ini diharapkan para siswa dapat terus mengasah kamampuan dan bakatnya agar menjadi siswa yang berprestasi”.

Penulis : Ryan Maulana Putra.

Post a Comment

0 Comments