Jagat Pangraito : Sosok Santri yang Jadi Abdi Negeri



Jagat Pangraito,  lahir di Pamekasan tepatnya di desa terpencil yaitu Desa Bangserih Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, dia berangkat dari keluarga yang sederhana tetapi tidak membuatnya putus asa dalam mengjar apa yang iya cita-cita kan, kemauan dia untuk berangkat mondok membuat orang tuanya bangga dengan dirinya.

Setamat dari sekolah dasar (SD) ia melanjutkan pendidikannya di PP. Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan. Tepatnya di desa potoan laok palengaan pamekasan, sebuah pesantren yang berdiri sejak tahun 1827, yang didirikan oleh RKH. Nasruddin bin Itsbat Masuk pesantren tahun 1997 setelah selesai SD, selama 1997-2003, Berawal dari cita cita ingin menjadi tentara, ia disibukan dengan mengikuti kegiatan pramuka yang ada dipesantren meski kadang ia mendapat cemohan dari beberapa teman seangkatannnya tak menjadi hambatan untuk menuju sebuah cita-cita mulya, selama di pesantren ia termasuk santri yang selalu taat pada peraturan pesantren .

Pada suatu hari ada seorang guru menanyakan ke pada siswanya tentang cita-citanya diantara semua siswa cuma dia saja yang punya cita-cita jadi tentara. Akhirnya cita-citanya tercapai dan dia menjadi abdi negara dan lulus Pendidikan Militer tahun 2004.

Jagat Pangraito, bukan terlahir di kalangan / lingkungan tentara, Bapaknya hanya pegawai honorer dinas pendidikan kecamatan, sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga biasa akan tetapi dia dapat membanggakan orang tua dengan lulus menjadi tentara.

Riwayat pendidikan, SD sd 1997, SMP sd 2000, SMU sd 2003, PENDIDIKAN MILITER, SECTA PK 2004, SEGERA DI 2005, SECABA REG 2019 dan Satgas pemberantasan RI-Malaysia 2009-2010.

Beberapa penghargaan yang didapatkannya,
  1. Tanda kehormatan Presiden, SATYA LANCANA WIRA DHARMA,  KEPPRES RI No.22/TK/THN 2011. dari presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.
  2. SATYALANCANA WIRA DHARMA, keppres RI, No 112/TK/THN 2016. dari presiden Ir. Joko Widodo.
  3. SATYALANCANA KESERIAAN VIII TAHUN.keppres RI No 120 /TK/THN 2017 Jabatan yg di emban sekarang BAHARRAN KIMA YONZIPUR 6/SD.
Jagat Pangraito, sedang bertugas dinas di BATALYON ZENITEMPUR 6/SD tepatnya di Desa Anjungan kabupaten mempawah provinsi kalimantan barat.

Post a Comment

0 Comments